Kamis, 21 Mei 2009

Gunakan Microwave Sesuai Jenis Makanan


Berkat kecanggihan teknologi, sekarang makanan yang beku dapat dihangatkan kembali dengan cepat dan praktis. Agar benda yang satu ini tetap awet, maka sebaiknya anda menggunakan microwave secara bijak sesuai dengan jenis makanannya. Gunakan wadah yang terbuat dari bahan selain logam, seperti kaca dan kayu. Sebab, bahan - bahan tersebut tahan terhadap panas, sementara penggunaan wadah dari logam dapat merusak microwave.

Jauhkan berbagai macam alat - alat masak yang dapat menghantarkan arus listrik. Aturlah posisi microwave jauh dari benda - benda seperti pisau, garpu, dan sendok. Hal ini untuk mencegah kemungkinan tersengan aliran listrik.Makanan yang menganduk lemak seperti daging atau mengandung gula akal lebih cepat matang dalam microwave. Untuk mencegah makanan tersebut tidak lekas hangus. lapislah makanan tersebut dengan alumunium foil. Untuk memasak makanan yang membutuhkan waktu lama, seperti memasak bistik, sebaiknya posisi makanan diubah beberapa kali. Hal ini dapat dilakukan dengan cara membalik daging dan memutar wadah agar masakan matang merata.

Jangan mengolah daging dengan potongan terlalu besar, karena yang akan anda dapatkan adalah daging yang hanya matang dibagian luarnya saja, sedangkan bagian dalamnya masih berwarna merah dan mentah. Begitu pula jika anda ingin membuat bake potatoes. Agar makanan tersebut matang dengan merata, sebaiknya belah bagian tengahnya atau potong kentang menjadi dua bagian. Masaklah makanan dalam microwave dengan selalu menggunakan bahan - bahan segar, baik buah dan sayuran. Cuci bersih semua bahan terlebih dahulu. Lalu hindarkan kontak antara makanan yang masih mentah dengan yang telah matang. Hal ini bertujuan agar makanan tersebut matang dalam kondisi yang segar.

Sebaiknya anda jangan terlalu lama memasak sayuran dalam microwave. Waktu yang dibutuhkan untuk memasak sayuran berkisar antara 10 - 15 menit. Usahakan janan lebih melebihi waktu tersebut. Sebab, selain sayuran akan menjadi lembek. kandungan nutrisinya pun akan hilang. [Kompas Klasika, Rabu 26 November 2008]




0 komentar:

infomarketer [Bukan]Blog kosong kosong